Sabtu, 07 Januari 2017

Primadona



Pada malam hari ini gue mengudara kebeberapa tempat ngongkrong sambil iseng-iseng cari inspirasi buat bahan tulisan gue. Sudah beberapa tempat gue datengin, berdua sama temen baik gue panggil aja EDGAR. Dijalan tiba-tiba siedgar ngomong sambil gue boncengin dimotor. “Die minum wedang yuk”. Dan gue tanpa basa-basi lagi langsung bilang,“Ayo lah Garr” jawaban gue sambil narik gas motor.
“Iya nih udah lama juga kaga minum wedang, ngopi mulu bosen juga”. “Lahh bosen kenapa Garr?”.
“Yaa bukanya bosen sih, tapi gue takut aja kalo kulit lu yang item itu bakal tambah item kayak betadine kering”.
“Ahh bisa aja lu megalomen”.
Beberapa percakapan gue dimotor sama Edgar yang menurut logika orang normal macem manusia homo yang ketawa-ketawa gak jelas diatas motor sambil segelintir candaan yang gak masuk akal.
“STOP berheti”. Edgar tiba-tiba minta berhenti.
“Kenapa Garr?”.
“Kita udah sampai dan lu liat sejauh mata memandang cuman jodoh gue yang belum keliatan”. Edgar melihat sekitar sambil mengamati dimana jodohnya.
“Lu curhat? Yaelah kalo jodoh lu gak ada disini mungkin masih didalem rahim Garr haha, ayo kita masuk gue mau makan tempe gembusnya nih”. Gue langsung melangkah ketempat duduk yang sudah disediakan disana, yaa walaupun cuman menggunakan karpet alakadarnya.
Setibanya kita berdua ditempat itu atau bisa dibilang lesehan, kita berdua langsung memesan 2 gelas wedang jahe sambil makan 7 potong tempe gembus yang kira-kira tebal tempenya sama kayak bon hutang Edgar diwarung. Sekitar 45menit gue duduk ditempat itu tiba-tiba Edgar mulai mengerutkan jidatnya tanpa sebab yang pasti.
“Lu kenapa garr?”. Gue coba bertanya sama Edgar.
“Die lu kenal gak sama cewe itu”. Edgar sambil menujuk seseorang.
“Yang mana garr?”. Gue langsung berreaksi sambil melihat kanan dan kiri memperhatikan mana cewe yang dimaksut siEdgar.
“Itu kayak siArnie Diee”. Jawab Edgar.
“Loh, iya garr itu siArnie, coba lu panggil masih kenal sama kita gak, tapi itu dia gendong anak siapa yaa?”. Setelah gue ngeliat Arnie langsung binggung sama anak yang dia bawa.
“Itu paling anak kakaknya atau saudaranya die, Arniiiieeeeeeeeeeeee”, Edgar coba memanggil Arnie.
Sedikit gue cuman ngasih tau sama kalian yang baca tulisan gue ini, kalo Arnie ini primadona ditempat gue dulu suka main bareng sama dia, orangnya kalem dengan sedikit punya rasa humor yang sama kayak gue dan Edgar.
”Iyaa, ehh ini edgar sama hadi yang suka main barengkan dulu?”. Masih sama seperti dulu dengan logat yang kalem mencoba menyapa gue dan edgar, walaupun udah sekitar 1,5 tahun gak pernah ada kabar sama sekali.
“Iya gue hadi, gue kirain lu udah lupa sama kita berdua”. Gue mencoba menyapa Arnie.
“Mana mungkin gue lupa sama lu berdua, yang kalo pergi kemana-mana selalu berdua macem lobang hidung”. Jawaban Arnie sambil senyum-senyum berlesung pipit.
”Buset gue dibilang kayak lobang idung”.
“Garr emang iya kalo kita kemana-mana selalu berdua”.
“Ahh kaga lah die, kemarin gue beli celana dalem sama nyokap gue doang dan gak ada lu”.
“ Yaa masa gue harus ikut-ikutan buat nganterin lu beli celana dalem sih, nanti dikira orang gue pacaran sama nyokap lu yang body nya mirip kaleng pomade”.
“Loh ko lu berdua malah berantem sih, haha bener-bener gak berubah yaa lu berdua”. Jawaban Arnie sambil menepuk jidatnya.
Beberapa menit kita bertiga ngobrol, gue coba memberanikan diri buat bertanya soal anak yang dia bawa dimalam itu.
“Oh iya itu anak yang lu bawa siapa dah? Ponakan lu yaa”. Sehabis gue nanya kayak gitu Arnie langsung terlihat kebingungan harus jawab pertanyaan konyol gue yang barusan.
“Yaelah pertanyaan lu macem ibu-ibu pengen beli gorengan dan nanya sama tukang gorengan nya mana cireng yang kaga alot. yaa jelas ponakan nya lah!”. Edgar mencoba meyakinkan gue lagi kalau memang anak yang digendong Arnie itu ponakannya.
“Iya kan gue cuman tanya aja garr, lagian kenapa jadi lu yang kesel sih! Apa jangan-jangan lu yaa tukang gorengan yang ditanya ibu-ibu itu”. Perdebatan gue sama edgar masih berlangsung dan tiba-tiba Arnie menjawab dengan logat yang kebingungan. “hmm, ini sebenernya anak gue Garr Diee”. Dan setelah Arnie ngomong begitu, gue dan Edgar langsung kaget dengan pernyataan Arnie yang barusan itu.
“Ha anak?”. kagetnya kita berdua dengan muka yang terheran-heran.
“Iya Garr Diee ini anak gue kenapa emangnya?”. Jawaban Arnie dengan lesung pipit yang mulai keluar kembali.
“Berarti lu udah nikah dong?”. Pertanyaan edgar yang mulai gak bermutu.
“Itu masuk dalam pertanyaan gar?”. Gue mencoba menjawaban pertanyaan edgar yang mulai bikin darah gue gak kekontrol.
“Lah kan gue cuman tanya doang die”.
“Ehh biji karambol nama nya orang udah punya anak pasti udah nikah lah gimana sih pertanyaan lu gar”.
Selama gue masih menjawab pertanyaan siEdgar yang gak masuk logika, Arnie tetap tenang dengan situasi pertanyaan edgar yang asal ceplos yaa walaupun masih sedikit kebingungan menjawab pertanyaanya.
“hmmm, gimana yaa gue jelasin kekalian berdua”. Arnie mulai kebingungan untuk menjelaskan kegue dan Edgar.
“Gimana apanya Niee? Kan setiap orang punya anak pasti punya suami lah”. Pungkas gue sambil minum wedang yang mulai dingin.
Setelah gue ngomong seperti itu tiba-tiba Arnie meneteskan air mata. Gue kaget dan bertanya-tanya kenapa si Arnie nangis, apa soal jawaban gue yang barusan atau tentang pertanyaan Edgar yang asal ceplos itu.
“Ko lu nangis sih Niee? Maaf kalo jawaban gue gak bisa lu terima atau soal pertanyaan edgar yang tolol tadi”. Gue mencoba meminta maaf karna setelah dia nangis gue merasa bersalah atas pertanyaan gue.
“Lu gak perlu minta maaf Diee, dan soal jawaban lu dan pertanyaan Edgar.”. Jawaban Arnie masih meneteskan air mata diselingi dengan senyum.
“Sekarang gini aja deh kita saling shareing aja, mungkin gue sama edgar bisa membantu atau sekedar kasih solusi ke lu”.
“Iya Arnie lu cerita aja sama kita berdua emang ada apa?”.
Beberapa saat kemudian Arnie mulai terbuka dengan semua masalahnya.
“Yakin lu berdua mau dengerin cerita gue?”.
“Gue bakal cerita sama lu berdua tapi jangan kaget sama semua cerita gue”. Lanjutan dari pembicaraan Arnie.
“Yakin lah kenapa harus gak yakin, kita sesama temen harus saling membantu, toh kita juga kalo ada kesusahan temen yang bakal membantu selain keluarga”. Gue mencoba meyakinkan Arnie untuk menceritakan masalahnya.
“Mungkin lu kira gue masih jadi anak yang baik-baik, yang jarang keluar rumah yang kalau mau main harus ngumpet-ngumpet dulu. Tapi nyatanya setelah perpisahan nyokap  bokap malah gue terjerumus dalam pergaulan yang bikin semua presepsi orang buat gue yang dulu jadi berubah”. Arnie mencoba menjelaskan permasalahanya.
“Berubah gimana maksutnya?”. Edgar mencoba bertanya yang memotong pembicaraan Arnie.
“Yaa berubah Garr, gue suka keluar malem dengan temen-temen yang baru gue kenal. Gue bisa tau apa itu sex bebas dan sempet kecanduan drugs. Mungkin emang konyol apa yang gue lakuin saat itu, tetapi posisi gue saat itu memang lagi depresi atau bisa dibilang belum bisa menerima semua kenyataan kalo nyokap dan bokap gue bakal pisah (bercerai) seperti sekarang. Dan soal anak yang gue bawa, ini anak gue hasil dari pergaulan bebas gue yang dulu itu. Terjerumus dalam lembah setan seperti itu bikin akal sehat serasa gak berfungsi dengan baik.” Arnie mulai menceritakan semua yang dulu pernah dia lakukan.
Gue dan Edgar pun kaget mendengar semua cerita yang barusan Arnie ceritakan.
“Ko bisa sih lu sampe ngelakuin itu semua?”. Edgar bertanya sambil menggarukan kepalanya.
“Iya Niee kita berdua kenal sama lu itu bisa diibaratkan primadona yang setiap cowo ngeliat lu pasti bakal tertarik”. Kagetnya gue sambil menyambung pertanyaan Edgar yang barusan.
“Yahh nama nya juga kehidupan. Yang dikiran orang banyak bakal jadi orang baik malah gampang banget buat terjerumus cuman karna satu masalah sepele.” Arnie mencoba menjawab pertanyaan kita berdua.
“Yaa kalo menurut gue itu bukan masalah sepele sih, sebab gue juga pernah merasakan semua itu. Tapi beruntungnya gue gak sampai ngelakuin apa yang lu lakuin”. Gue mencoba menyemangati Arnie.
“Haa? Serius lu pernah ngerasain rasanya kehilangan orang tua lu karna perpceraian?”. Arnie mencoba bertanyanya dengan muka yang kaget.
“Iya serius gue pernah ngerasain semua yang lu rasain tapi gak sampe ngerasain sex bebas dan drugs nya sih.” Gue coba menjawab pertanyaan Arnie.
“Terus lu gimana menyikapi permasalahanya dan sampai gak ngelakuin semua hal bodoh gue?”.
“Melakukan hal positif. Contoh sederhana nya menyalurkan hobi seperti gue yang suka menulis yaa walaupun pembaca serius gue cuman Edgar doang, tapi setidaknya gue bisa melupakan permasalahan gue walaupun cuman sesaat dan gue mencoba buat ikhlas dan legowo. Karna gue yakin tuhan hakim yang paling baik untuk memutuskan sesuatu masalah, tinggal  bagaimana kita mengambil kesimpulan dan tabah buat menjalankan hari esok yang kita tau alur ceritanya gak akan sama dengan hari ini”.
Setelah gue berbicara seperti itu Arnie mulai tergugah untuk melupakan hal-hal bodoh yang dia lakukan dimasa lalu.
“Makasih banget yaa lu berdua udah mau kasih nasihat,saran dan masukan yang positif. Gue mencoba buat melupakan apa yang gak baik buat kehidupan gue dan anak gue dikemudian hari”. Arnie mencoba memotivasi dirinya.
“Endessssss banget lu kalo ngomong diee macem mario bros ehh mario teguh haha”.
“Mario teguh malahan yang ngikutin gue Garr haha”.
Dan gue sekali lagi mencoba bertanya keArnie walaupun pertanyaan gue agak sedikit nyeleneh.
“Oh iya itu keberadaan suami lu sekarang gimana? Maaf sebelumnya kalo pertanyaan gue agak sedikit menyinggung lu Niee”.
“Ada ko Diee, tapi gitu.”
“Gitu gimana maksutnya?”.
“Yaa gitu seakan-akan dia gak pernah mengakui kalo ini anak dia. Walaupun gue sakit hati pernah kenal sama dia dan pernah melakukan semua hal bodoh itu.” Arnie menjelaskan soal keberadaan ayah dari anaknya.
“Mau bagaimana pun yang udah terjadi gak bakal bisa diulang lagi, soal anak lu yang sekarang mungkin itu anugrah tuhan buat lu. Dan gue yakin ko kalo lu beruda bakal kuat ngejalanin semuanya, toh tuhan pasti bakal kasih jodoh buat lu, yang tulus sayang dan cinta sama lu dan anak lu”. Segilintir perbincangan gue sambil mengelus kepala anaknya yang mulai tertidur pulas.
“Yeeehh gimana sih tuh cowo gak Gentlemen amat! Emang jaman sekarang cowo pada seenaknya sendiri, abis enak buntutnya (anak) gak diakuin, Bagus gue bukan cowo kayak gitu.” Edgar mencoba melipur suasana.
“Tumben garr omongan lu bener. Bon hutang diwarung udah lunas semua kali haha”. Gue juga mencoba membantu mencairkan suasana.
Sudah beberapa jam kita bertiga ngobrol sambil shareing tentang masalah satu sama lain, terutama tentang permasalahan yang dialami oleh Arnie. Kita bertiga pun sepakat untuk melangkah pulang karna waktu sudah menunjuk kan tengah malam.
“Garr Niee, pulang yuk udah malem nih, kasihan juga kan anak lu Niee udah pules banget tuh tidurnya”. Tutur gue kepada Edgar dan Arnie.
“KEMONNN (Maksutnya COME ON) KITA PULANG! tapi lu yang bayar ya Diee wedang sama tempe gembusnya hehe”. Teriakan Edgar yang sekali lagi membuat senyum Arnie keluar dengan sendirinya.
Memang pada hakikat dan kodratnya sekuat apapun kamu menjaga, yang pergi akan tetap pergi. Dan sekuat apapun kamu menolak, yang datang akan tetap datang. Tidak perlu saling menyesal apa yang pernah terjadi biarlah terjadi. Untuk apa saling menyalahkan, kalau nyatanya dulu pernah sepakat saling menyatu. Sebab apalah arti sesal? Pada kenyataanya tetap menjadi kegagalan yang nyata. Kerena bukan siapa yang berani untuk singgah dihatinya, melainkan siapa yang berani menempati dan tak akan pergi lagi. Memang sudah seharusnya skenarionya seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar